Laman

Kamis, 25 Oktober 2012

Katulampa

Katulampa merupakan tumbuhan berbuah dari famili Elaeocarpaceae, tersebar luas dari Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sarawak, Sabah, sampai Sulawesi. Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Elaeocarpus glaber Blume (periksa nama ilmiah dan sinonimi, periksa klasifikasi), sedangkan nama umumhnya, selain katulampa, adalah bengkinang.


Perawakan pohon, tinggi sampai 35 m, diameter batang sampai 1,6 m. Daun tunggal, berhadapan, bentuk bundar telur sampai lonjong, ukuran 5-22 cm x 3-10 cm. Bunga 7 mm, mahkota putih dengan tepi berjumbai, tersusun dalam kelompok, panjang kelompok sampai 15 cm. Buah tipe buah batu, panjang 3 cm, kuliy berwarna kuning sampai oranye merah setelah masak.

Tumbuh di tempat-tempat terbuka sepanjang tepi sungai dan di hutan sekunder. Biasanya mudah dijumpai di tepi sungai atau di daerah berawa-rawa dengan tanah lempung berpasir, tetapi juga pada batu kapur sampai ketinggian 1000 m. dpl. Buah dimakan segar, umumnya dijual di pasar-pasar lokal.

Pohon katulampa
Sumber: ASEAN Tropical Plant Database
Daun katulampa
Sumber: ASEAN Tropical Plant Database
Batang katulampa.
Sumber: ASEAN Tropical Plant Database
Buah katulampa
Sumber: Flora Indonesia (Botanical Survival)
Pranala Luar:
Spesies lain dari genus Elaeocarpus dari Phyto Images

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar di sini ...