Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 04 Maret 2012

Cincau Hijau Rambat

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Cincau hijau rambat (Cyclea barbata Myers.) merupakan tanaman berbatang lunak yang merambat dengan cara melilit yang tumbuh dari umbi batang. Umbi batang bisa mencapai panjang 50 cm  dengan diameter 2-3 cm, kulit berwarna cokelat cerah dan bagian dalam keputihan. Dengan adanya umbi batang ini, tanaman cincau yang mengering pada musim kemarau akan tumbuh kembali pada awal musim hujan. Batang berwarna hijau tua, bisa mencapai panjang 4-5 m untuk mencapai lokasi yang mendapat sinar matahari. Daun...
berbentuk jantung agak bulat, berwarna hijau tua dan dipenuhi bulu halus. Panjang dan lebar daun sekitar 10 cm. Ujung daun meruncing. tanaman ini berumah dua, yakni bunga jantan dan betina berada pada dua tanaman yang berlainan. Bunga jantan maupun betina berupa dompolan pada malai kecil yang tumbuh menggantung di ruas batang dari bekas ketiak daun. Buahnya berupa buah beri yang juga membentuk dompolan dengan butiran lonjong ukuran 0,5 cm. Ketika muda, buah berwarna hijau dan ketika masak menjadi putih kecokelatan. Di dalam buah ini ada biji berwarna hitam yang bisa disemai.


Selain cincau hijau rambat dengan daun berbentuk jantung dan berpermukaan kasar, juga terdapat cincau hijau rambat dengan daun berbentuk jantung berpermukaan licin dan cincau hijau rambat dengan daun berukuran kecil memanjang berpermukaan licin. Selain itu juga terdapat cincau hijau liana dan cincau hijau perdu.

Tanaman cincau hijau rambat dengan daun berbentuk jantung dan berpermukaanhalus
Tanaman cincau hijau rambat dengan daun kecil memanjang dan berpermukaanhalus
Daun cincau rambat hijau merupakan bahan untuk membuat minuman cincau hijau. Pembuatan cincau hijau dilakukan dengan cara meremas-remas daun cincau rambat hijau, sambil sedikit demi sedikit diberi air. Air hasil remasan ini disaring dan ditampung dalam wadah. Ampas dibuang dan air remasan daun yang berwarna hijau gelap didiamkan dalam wadah sekitar 1-2 jam sampai menggumpal membentuk agar-agar. Sambil menunggu mengerasnya cincau, disiapkan santan dari parutan buah kelapa gula merah cair yang dibuat dengan merebus irisan tipis gula merah dalam air sampai gula larut. Santan dan gula merah cair dimasukkan ke dalam gelas secukupnya dan kemudian ditambah dengan irisan cincau hijau yang sudah mengental.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...