Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Kamis, 26 Juli 2012

Sirih

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Sirih (Piper betle L.,  periksa status nama ilmiah dan sinonim), famili Piperaceae, merupakan tumbuhan asli kawasan Malesia bagian Barat yang kemudian menyebar ke bagian Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Madagaskar. Sirih merupakan tanaman sekerabat dengan tanaman lada/merica. Di Indonesia, sirih lazim dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan. Sirih memerlukan tanah yang cukup lembab sehingga di Timor lazim dibudidayakan ...
di sekitar mata air. Kultivar sirih yang dibudidayakan di berbagai daerah berbeda, misalnya sirih yang dibudidayakan di Timor berbuah dengan ukuran yang lebih besar daripada sirih yang dibudidayakan di Bali.

Sirih merupakan tumbuhan yang tumbuh merambat dengan cara melekatkan akar pada batang pohon lain, dapat mencapai tinggi 15 m. Akar merupakan akar tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan. Batang berwarna coklat atau coklat kehijauan dan berbentuk bulat, membengkak pada bagian buku. Pada ruas batang tumbuh akar udara untuk melekatkan batang pada pohon yang dirambati dan juga cabang plagiotropik. Daun merupakan daun tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, panjang 5-8 cm dan lebar 2-5 cm, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau sedap bila diremas. Bunga merupakan bunga majemuk berbentuk bulir dengan daun pelindung berbentuk bulat panjang. Panjang bulir jantan sekitar 1,5-3 cm dan mempunyai dua benang sari pendek, sedangkan panjang bulir betina sekitar 1,5-6 cm dan mempunyai kepala putik tiga sampai lima buah, berwarna putih dan hijau kekuningan. Buah merupakan buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan.

Daun dan buah sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang, kapur, atau dengan satu di antaranya. Mengunyah sirih merupakan bagian dari upacara adat di kalangan berbagai suku di Indonesia. Selain dikunyah, sirih juga mempunyai berbagai manfaat lain, antara lain sebagai tanaman obat dan sebagai tanaman penghasil minyak atsiri.
Berbagai kultivar sirih. Sumber: Informasi Herbal
Berbagai kultivar sirih. Sumber: Jeprat Jepret HP
Berbagai kultivar sirih. Sumber: LoeXie
Pertumbuhan merambat. Sumber: Solopost.com
Budidaya sirih. Sumber: Wikipedia

Buah sirih. Sumber: Khabar dari Produksi
Buah sirih dijual di pasar. Sumber: VerryAryo
Sajian adat sirih pinang. Sumber: new life
Tanaman Kerabat Sirih:
Piper ornatum  (sirih merah, sirih sulawesi). Daun berwarna kemerehan dengan belang keperakan di sekitar tulang daun. Dibudidayakan terutana sebagai tanaman obat.
Sirih merah (Piper ornatum). Sumber: Informasi Kesehatan
Piper sarmentosum (sirih tanah, daun kaduk). Permukaan daunnya berkerut, daunnya digunakan senagai bahan bumbu jenis masakan tertentu di pesisir Timur Sumatera dan di Malaysia.
Sirih tanah (Piper sarmentosum). Sumber: Growing Paradise
Piper cubeba L.f. sin. Cubeba officinalis Raff. (kemukus, cubeb, tailed pepper). Daunnya mirip dengan daun sirih, buahnya tegak ke atas, bijinya dikeringkan sebagai bahan bumbu.
Kemukus (Piper cubeba). Sumber: Project Noah

Piper retrofractum Vahl. sin. P. chaba Hunter, Chavica rettofracta (Vahl) Miq., P. officinarum (Miq.) C.DC. (cabe jawa, javanese long pepper). Daun berukuran lebih kecil dan lebih memanjang dari daun sirih. Buahnya tegak ke atas, dihunakan sebagai bumbu setelah dikeringkan.
Cabai jawa (Piper retrofractum). Sumber: Dunia Nyata
Cabai jawa. Sumber: Chaidya Ji
Piper nigrum L. sin. P. aromaticum Lamk, daun lebih membulat dibandingkan dengan daun sirih, berwarna hijau gelap, buahnya dikeringkan sebelum masak dengan kulit buahnya sebagai lada hitam atau setelah masak dengan membuang kulit buahnya sebagai lada putih.
Lada (Piper nigrum). Sumber:



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...