Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Sabtu, 17 Maret 2012

Labu

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Labu (Cucurbita moschata Duchesne, periksa status nama ilmiah dan sinonim) merupakan tanaman labu-labuan asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian Utara. Labu kini telah menyebar ke seluruh kawasan tropika dan subtropika, termasuk di Indonesia. Di Timor labu merupakan tanaman yang menjadi komponen penting dalam sistem perladangan. Nama pumpkin dan squash dalam bahasa Inggris digunakan terhadap labu dan terhadap jenis cucurbita lainnya, khususnya C. maxima Duchesne (periksa status nama ilmiah dan sinonim),
C. argyrosperma Huber (periksa status nama ilmiah dan sinonim), dan C. pepo L. (periksa status nama ilmiah dan sinonim). Kedua nama ini sebenarnya tidak mempunyai kaitan dengan labu secara botanis, melainkan merujuk pada penggunaannya. Nama pumpkin digunakan terhadap buah cucurbita yang bertekstur kasar, berbau tajam dan dimanfaatkan, setelah tua, untuk membuat kue atau sebagai pakan. Nama squash digunakan untuk buah cucurbita yang bertekstur halus, berbau lembut dan digunakan sebagai bahan sayuran. Nama summer squah digunakan untuk buah yang dipanen muda, terutama buah C. pepo, sedangkan nama winter squash digunakan untuk buah yang dipanen setelah tua sehingga dapat disimpan. Dalam bahasa Indonesia nama labu digunakan untuk berbagai tanaman genus Cucurbita dan tanaman lainnya seperti labu jepang atau labu siam (Sechium edule (Jacq.) Sw., periksa status nama ilmiah dan sinonim).

Labu merupakan tanaman setahun atau tanaman tahunan umur pendek yang tumbuh merambat atau memanjat. batang lunak dan bersegi dan kasar serta mempunyai sukur pelilit yang tumbuh pada ketiak daun. Daun berbentuk seperti jantung melebar, berukuran 20-25cm x 25-30 cm, pinggir helai daun berlekuk, permukaan daun kasar dan mempunyai bercak-bercak keperakan, berpermukaan kasar, dengan tangkai dengan panjang sampai 30 cm. Bunga tunggal, berbeda antara bunga jantan dan betina, tumbuh pada ketiak daun. Bunga jantan mempunyai 16-18 pedisel, panjang 5-13,5 cm,kelopak pendek, dengan mahkota terbagi lima dengan lekukan sampai sedalam sepertiga dari panjang mahkota. Bunga betina mempunyai pedysel menebal dengan panjang 3-8 cm dan mempunyai ovarium silindris, kelopak bunga pendek, dan mahkota bunga dengan panjang sampai 7,5 cm, dan di dalamnya terdapat 3 kepala putik. Bentuk dan ukuran buah sangat beragam, bulat atau bulat memanjang tanpa lekukan atau dengan lekukan, dengan warna yang juga bermacam-macam. Daging buah berwarna oranye cerah sampai kekuningan, lunak dan tidak berserat, berasa hambar sampai manis. Di dalam buah terdapat banyak biji pipih berarna putih kekuningandengan ukuran 8-21 mm x 5-11 mm.


Pucuk, bunga, dan buah muda labu lazim digunakan sebagai bahan sayuran. Pucuk, bunga, dan buah labu merupakan bahan sayuran yang bebas pestisida karena labu pada umumnya tidak dibudidayakan secara intensif sebagaimana jenis-jenis sayuran utama. Buah tua dikukus dan dimakan sebagai nyamikan atau diolah untuk membuat berbagai macam kue. Biji dapat disangrai dan dapat dimakan langsung atau dibuat kwaci.

Penciri labu C. moschata: daun dengan warna keperakan di sekitar tulang daun

Penciri labu C. moschata: tangkai buah yang membesar pada ujung yang melekat ke buah

Cucurbita Jenis Lain
Cucurbita ficifolia Bounche sin. C. melanosperma A. Braun, Pepo vicifolia Britton
Cucurbita maxima Duchesne ex Lamk.
Cucurbita mixta Pangalo sin. C. argyrosperma Bailey
Cucurbita pepo L. sin. C. fastuosa Salisb., C. subverrucosa Willd., C. esculenta S.F. Gray

Cucurbita ficifolia Bounce
Cucurbita maxima Duchesne ex Lamk
Cucurbita pepo L., sangat beragam, terdiri atas kelompok summer squashyang mencakup crookneck (var. torticollia), straightneck (var. recticollis), scallop (var. clypeata), vegetable marrow (var. fastigata), cocozzelle (var. inoga) dan zucchini (var. cylindrica), serta kelompok winter squashes yang mencakup pumpkin (var. pepo) dan acorn (var. turbinata).
Cucurbita mixta Pangalo



Tautan Luar:
Annadana
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...