Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 24 Februari 2013

Jambu Bol

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Jambu bol diperikirakan berasal dari Asia Tenggara, tumbuh liar di Jawa, Sumatera, dan Semenanjung Malaysia, tetapi kini dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan dan tanaman tegalan di seluruh kawasan Malesia. Jambu bol dibudidayakan secara komersial di Kawasan Amerika Tengah dan Karibia dan di beberapa negara Amerika Selatan (Suriname dan Guyana). Nama ilmiah jambu bol adalah Syzygium malaccense  (L.) Merr. & L.M. Perry (periksa nama ilmiah, sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), sedangkan nama umumnya adalah jambu bol (Indonesia), jambu merah, jambu bol (Malaysia), malay apple, malaysian apple, pomerac (Inggris).

Berperawakan pohon, tinggi 5-20 m, batang lurus, diameter batang 20-45 cm, sering kali bercabang dekat pangkal, tajuk berbentuk bulat telur melebar. Daun tunggal berhadapan, berbentuk lonjong menjorong, berukuran (15-38) cm x (7-20) cm, tebal menjangat, panjang tangkai daun 0,5-1,5 cm, tebal dan berwarna merah ketika masih muda. Perbungaan pada bagian batang dan ranting yang tidak berdaun, pendek dan menggerombol, terdiri atas 1-12 kuntum bunga; kuntum bunga berdiameter 5-7 cm, berwarna merah, tabung kelopak menggelendut ke arah ujung, panjang 1,5-2 cm, dengan cuping lebar dan panjangnya 4-8 mm; daun mahkota 4 helai, berbentuk lomjong sampai bundar telur, panjang mencapai 2 cm, berwarna merah gelap; benang sari banyak, panjang mencapai 3,5 cm, tangkai sari berwarna merah; tangkai putik dengan panjang 3-4,5 cm, berwarna merah. Buah bertipe buah buni, berbentuk menjorong, berdiameter 5-8 cm, bermahkotakan segmen kelopak yang melekuk ke dalam, berwarna merah tua atau kuning kelembayung-lembayungan atau putih-kuning; daging buah dengan tebal 0,5-2,5 cm, mengandung banyak sari buah, berwarna putih, berbau wangi; berbiji 1 butir, berbentuk bulat, berdiameter 2,5-3,5 cm, berwarna coklat.

Buah jambu bol dikonsumsi setelah matang terutama dalam keadaan segar. Buah yang belum masak dapat digunakan sebagai bahan membuat rujak.

Sosok pohon
Sumber: www.virboga.de
Batang dan percabangan
Sumber: herbario.up.ac.pa
Kedudukan daun pada ranting muda
Sumber: Klasifikasi Tumbuhan Berbiji
Cabang berbunga
Sumber: www.weblio.jp
Cabang berbuah merah
Sumber: www.flickriver.com
cabang berbuah merah muda keputihan
Sumber: davesgarden.com
Buah matang dipetik
Sumber: www.thinkoholic.com
Buah dipetik dan dibelah
Sumber: www.flickr.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...