Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Selasa, 06 Maret 2012

Garut

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Garut (Maranta arundinacea L. sin. M. sylvatica) diduga merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah (termasuk Karibia) dan Amerika Selatan bagian Utara, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh kawasan tropika. Nama-nama daerah garut adalah: sagu (Palembang); sagu bamban (Batak); sagu belanda, sagu betawi, ubi sagu (Melayu); sagu rarut (Minangkabau), patat sagu, larut (Sunda); angkrik, garut, gaerut, irut, larut, rarut, jlarut, klarut, waerut (Jawa); arut, larut, laru, salarut (Madura); krarus, marus (Bali); ...
arerut towang, tawang, labia walanta, pi walanda (bahasa-bahasa di Sulawesi Utara); péda-péda, péda sula, huda sula, hula moa (bahasa-bahasa di Maluku Utara). Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut arrowroot, west indian arrowroot, atau st. vincent arrowroot.

Garut merupakan sejenis tumbuhan berbentuk terna menahun, tegak, dengan batang-batang yang bercabang menggarpu, tinggi 40-100 cm. Rimpangnya lunak dan membengkak, berdaging, keputih-putihan atau kemerahan, dengan sisik daun putih kemerahan. Daun bertangkai panjang, berpelepah pada pangkalnya dan menebal, dengan helaian bentuk lonjong atau bundar telur-melonjong berujung runcing. Bunga majemuk dalam malai terminal (di ujung batang), zigomorfik, berwarna putih. Buah melonjong, merah tua, gundul sampai berambut.


Garut tidak pernah menjadi sumber pangan pokok namun ia kerap ditanam di pekarangan di pedesaan sebagai cadangan pangan dalam musim paceklik. Garut terutama ditanam untuk umbinya, yang menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga mahal. Rimpang garut juga dapat diolah untuk dijadikan sumber karbohidrat alternatif menggantikan tepung terigu. Ampas sisa pembuatan tepung dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk. Daunnya digunakan sebagai pembungkus. Sementara itu, beberapa kultivar garut dengan daun yang berwarna menarik digemari pula sebagai tanaman hias.

Tanaman garut dengan bunga
Tanaman garut
Tanaman garut hias
Bunga dan buah garut

Buah garut

Rimpang garut
Rimpang garut setelah dibersihkan


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...