Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 29 Juli 2012

Gebang

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Gebang (Corypha utan Lam., periksa status nama ilmiah dan sinonim) adalah nama sejenis palma tinggi besar dari daerah dataran rendah. Pohon ini juga dikenal dengan nama-nama lain gebang (bahasa Indonesia), gabang (Dayak Ngaju), gewang (Timor), pucuk (Betawi), pocok (Madura), ibus (Batak, Sasak), silar (Minahasa) dan dalam bahasa Inggris disebut gebang palm. Gebang ditemukan menyebar luas mulai dari India melewati Asia Tenggara, Filipina dan Indonesia hingga ke Australia Utara. Palma ini tumbuh menyebar di dataran rendah hingga...
ketinggian sekitar 300 m dpl. Gebang menyukai padang rumput terbuka, aliran sungai, tepi rawa, dan kadang-kadang tumbuh pula di wilayah berbukit. Di beberapa tempat yang cocok, biasanya tak jauh dari pantai, gebang dapat tumbuh menggerombol membentuk sabuk hutan yang cukup luas.


Gebang merupakan palma yang tumbuh soliter, berbatang besar dan tinggi sampai 30 m, diameter 35-75 cm, dan batang kasar bekas dudukan pelepah, kadang pelepah tidak terlepas. Daun bertangkai panjang, panjang 2-5 m, berlekuk dalam dan pinggrnya berduri, helai daun menjari, terdiri atas 80-100 helai anak daun, dengan setengah dari panjang helai anak daun saling menempel satu sama lain, panjang anak daun 1,5-3,5 m. Bunga merupakan malai terminal yang berukuran terbesar di antara malai seluruh jenis palma, panjang 3-6 m. cabang final malai memuat sampai 10 bunga, dengan total bunga dalam satu malaii dapat mencapai 10 juta bunga. Kelopak berbentuk tabung, berlekuk 3, mahkota 3 helai berbentuk perahu, benang sari 6, ovarium beruang tiga, membulat. Buah bulat memanjang, berdiameter 2-2,5 cm. Umur vegetatif gebang dapat berlangsung selama 30-70 tahun.

Batang gebang menjelang berbunga diambil sahunya, dikonsumsi terutama sebagai bahan makanan musim paceklik. Di Ayotupas, Timor, sagu gebang dibuat menjadi semacam kue lempengan, biasanya dimakan bersama pisang. Bagian dalam batang yang diolah untuk menghasilkan sagu juga dapat digunakan sebagai bahan pakan. Tangkai daun dirangkai untuk membuat bahan pagar atau bahan dinding rumah, daun digunakan sebagai bahan atap rumah. Akarnya berkhasiatk menyembuhkan diare ringan dan berulang. Air dari pelepahnya berkhasiat anti racun. Getah kemerahan (blendok) dari pucuknya digunakan untuk mengobati luka, batuk dan disentri.

Sekumpulan gebang. Sumber: Panoramio
Pelepah daun gebang. Sumber: Palmpedia.net
Helai daun gebang. Sumber: Longwood Garden
Bakal malai bunga gebang
Malai bunga gebang. Sumber: Foto Biodiversitas Indonesia
Bunga gebang. Sumber: Australian Rainforest Plants
Gebang sedang berbuah. Sumber: Australian Rainforest Plants
Buah gebang. Sumber: Dave's Garden
Tautan Luar
Non-Wood Forest Products 10: Tropical Palms dari WHO



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...