Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 04 Maret 2012

Kecipir

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Kecipir merupakan tanaman kacang-kacangan asal Indonesia bagian timur, khususnya Papua dan pulau-pulau di sekitarnya, dan Papua Nugini. Kini kecipir telah menyebar luas di kawasan tropika, terutama di Indonesia, Filipina, Thailand, Myanmar, dan Sri Lanka. Di Indonesia, kecipir dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan di berbagai daerah, termasuk di Timor. Nama ilmiah kecipir adalah (Psophocarpus tetragonolobus (L.) DC) (periksa nama ilmiah, sinonim, dan kalsifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), sedangkan nama umumnya adalah kacang botol atau kacang belingbing (Sumatera), jaat (Sunda), kelongkang atau botor (Bali), biraro (Ternate), kii (Timor), winged bean, winged pea, four-angled pea, atau goa bean (Inggris).
Herba tahunan tetapi dibudidayakan sebagai tanaman setahun, batang beralur, tidak berambut, beralur, panjang 2-4 m, berakar banyak, akar lateral dekat permukaan tanah, beberapa menebal membentuk umbi batang. Daun beranak daun tiga, helai anak daun membulat telur melebar, 8-15 cm x 4-12 cm, tepi helai rata, bentuk ujung helai menajam, mempunyai stipula kecil berbelah dua. Perbungaan malai pada ketiak daun, panjang sumbu 1-10 cm, panjang tangkai 5-15 cm. Bunga bertangkai pendek, daun tangkai bunga agak memulat berukuran 2.5-4.5 mm. Kelopak menyerupai lonceng, panjang kira-kira 1,5 cm, bergerigi pendek 5, membulat, berwarna hijau sampai jingga gelap. Mahkota terdiri atas standar berwarna hijau pada bagian luar dan biru pucat pada bagian dalam atau kombinasi warna lain, panjang 2,5-4 cm, dasar bertonjolan, ujung melekuk ke dalam; sayap berwarna biru pucat, panjang kira-kira 3 cm, dengan telinga berbentuk T pada bagian pangkal; lunas berwarna putih bersemu biru pucat, melengkung ke dalam dengan telinga membulat pada bagian pangkal. Benang sari terdiri atas 5 tangkai sari yang menyatu pada bagian pangkal dan 1 tangkai sari bebas, mengelilingi putik. Polong memanjang bersudut, sudut bersayap rata atau bergigi gergaji, lebar sayap 0,3-1 cm; ukuran polong 6-40 cm x 2,5-3,5 cm, hijau, hijau kekuningan, atau sangat jarang krim, kadang-kadang berbecak merah. Biji berjumlah 5-21, bundar melebar, panjang 0,6-1 cm, berwarna putih, coklat, kuning, berbercak atau tidak, mengkilap, dengan aril kecil.

Kecipir dikategorikan sebagai tanaman kacang-kacangan serbaguna karena hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Polong muda kecipir merupakan bahan membuat sebagai sayuran. Daun mudanya juga dapat digunakan sebagai bahan sayuran, biasanya direbus. Daun juga berkhasiat sebagai obat radang anak telinga. Akarnya menggelembung membentuk umbi yang dapat dimakan. Kecipir juga dapat ditanam sebagai tanaman penutup tanah, penambat nitrogen, dan pupuk hijau.

Sosok tumbuhan
Sumber: B & T World Seeds
SPerbungaan dan bunga
Sumber: herba.berita1.com
Polong muda pada tanaman
Sumber: planta.cn
Polong muda dipanen
Sumber: flikr
Variasi polong
Sumber: dadapilan.com
Polong tua dan kering
Sumber: Nature Love You
Variasi biji
Sumber: Floridata
Sayur kecipir
Sumber: Veganlogy
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...