Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Jumat, 27 Juli 2012

Siwalan

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Siwalan (Borassus flabellifer L., periksa status nama ilmiah dan sinonim) merupakan jenis palma asli kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tumbuhan palma ini disebut siwalan atau lontar dalam Bahasa Indonesia dan asian palmyra palm, toddy palm, sugar palm, lontar palm, wine plam, atau cambodian palm dalam Bahasa Inggris.


Palma berbatang tunggal, berkelamin dua, batang kasar, tinggi sampai 20-25 m (nbahkan sampai 30 m), tangkai daun 60-120 cm, dengan suri kasar, daun menjari, terdiri atas 60-80 helai daun memanjang yang saling menempel pada bagian pangkal, panjang 60-120 cm. Malai bunga jantan mencapai panjang 90-150 cm, terdiri atas kurang lebih 7 cabang, cabang sekunder sampai mencapai panjang kurang lebih 30 cm, diameter kurang lebih 2 cm. Bunga betina dapat mencapai panjang 30 cm, diameter 2,5 cm, terdiri atas 8-16 bunga betina, tersusun secara spiral, berdiameter 2,5 cm. Buah berbentuk bulat, berdiameter 15-20 cm, kulit berserabut, biasanya berisi tiga biji, berwarna hitam.

Siwalan dimanfaatkan terutama untuk diambil niranya. Nira dapat dikonsumsi segar, tetapi juga setelah diperoses menjadi gula atau difermentasi menjadi tuak. Tuak dapat diproses lebih lanjut menjadi cuka atau disuling untuk menghasilkan arak. Gula siwalan dapat berupa gula padat sebagaimana halnya gula jawa atau gula cair sebagaimana yang dibuat di Pulau Rote atau gula kental sebagaimana yang dibuat di Pulau Sabu. Nira dan gula yang dihasilkan pohon siwalan menjadi bahan pangan pokok bagi penduduk Pulau Rote pada saat musim paceklik sehingga seorang antropolog terkemuka menyatakan bahwa orang Rote merupakan satu-satunya suku bangsa di dunia yang meminum makanannya. Selain niranya, daun, pelepah, dan batang siwalan juga bermanfaat untuk berbagai tujuan.

Siwalan di Pantai Lasiana, Kota Kupang. Sumber: Kebun Siwalan

Individu betina. Sumber: Wikipedia
Individu betina. Sumber: EOL

buah pada individu betina. Sumber: flickr
Bunga pada individu jantan. Sumber: flickr
Buah siwalan. Sumber: EOL
Kegiatan mengambil nira siwalan. Sumber: Kebun Siwalan
Memanjat batang siwalan untuk mengambil nira di Pulau Rote. Sumber: flickr
Kerabat Siwalan:
Borassus aethiopum - Siwalan afrika (Afrika tropik)











Borassus akeassii - Siwalan Ake Assi (Afrika Barat)











Borassus heineanus - Siwalan papua (Papua Nugini)
Siwalan papua. Sumber: Palm.org













Borassus madagascariensis - Siwalan Madagaskar (Madagascar)











Borassus sambiranensis - Siwalan Sambirano (Madagascar)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...