Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Jumat, 15 Februari 2013

Jeruk Lemo

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Jeruk lemo atau jeruk sambal merupakan jenis jeruk yang sangat penting sebagai penyedap masakan di Indonesia, tetapi pada umumnya hanya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan. Jenis tanaman jeruk ini mempunyai nama ilmiah Citrus amblycarpa (Hassk.) Ochse (sensu Tanaka sec. Cottin 2002; sec. NPGS/GRIN 2010) atau Citrus reticulata Blanco hybrid (sensu Swingle and Reece 1967 sec. Cottin 2002) (periksa nama ilmiah, sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal dan The Plant List). Nama umum jeruk ini adalah jeruk limo, djeruk limau, jeruk sambal (Indonesia, Malaysia), juuk lemo (Bali), nasnaran mandarin, leprous lime, wart (Inggris).

Jeruk lemo merupakan perdu atau pohon kecil, tinggi dapat mencapai 5 m. Tajuk rapat, cabang tidak menggantung. Permukaan ranting halus pada tahun pertama, kemudian dititipi kulit kasar, duri lurus, tidak terdapat duri rambut kasar atau kalau ada mudah luruh. Tangkai daun halus, panjang sedang, bersayap, ukuran sayap sedang, bersambung dengan helai daun. Daun tunggal, tepi bergigi tumpul, helai daun ternaung agak menggulung ke atas, helai daun terkena sinar matahari menggulung ke atas. Daun tunggal mengkilat, mengeluarkan bau yang khas bila dihancurkan. Buah lebih lebar dari panjang, sama lebar dan panjang, atau lebih panjang dari lebar, kulit buah kuning, kuning-oranye, atau oranye, tekstur kulit buah kasar atau agak kasar, tidak membentuk navel, daging buah kuning, rasa masam. Jeruk lemo berbuah terus menerus sepanjang tahun.

Buah yang belum masak terutama digunakan sebagai bahan membuat sambal dan penyedap berbagai jenis masakan.

Sosok tumbuhan berbuah
Sumber:  Citrus ID
Cabang dan daun
Sumber: Citrus ID
Daun ternaung
Sumber: Citrus ID
Daun terkena sinar matahari
Sumber: Citrus ID
Buah muda
Sumber: Flowers of SFBG
Buah masak
Sumber: Citrus ID
Tangkai buah
Sumber: Flowers of SFBG
Daging buah dan biji
Sumber: Citrus ID
Jenis jeruk ini sering dikelirukan dengan jeruk purut (kaffir lime) yang nama ilmiahnya Citrus hystrix DC (periksa nama ilmiah. sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List) karena baunya mirip dan dengan jeruk nipis (lime) yang nama ilmiahnya Citrus x aurantiifolia (Christm.) Swingle (periksa nama ilmiah. sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List) karena kegunaannya sebagai penyedap makanan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...