Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Jumat, 15 Februari 2013

Sirsak

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Sirsak merupakan tanaman buah-buahan asal Amerika tropik yang pertama kali diintroduksi ke dunia lama segera setelah Kolumbus menemukan dunia baru Benua Amerika. Tanaman buah-buahan ini mula-mula dibawa ke Filipina dan kemudian dari sana menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya, termasuk ke Indonesia. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Annona muricata L. ini (periksa nama ilmiah, sinomim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal, ITIS, dan The Plant List), mempunyai nama umum sirsak (Indonesia), nangka landa (Jawa, Bali), dan soursop (Inggris). Di Indonesia, tanaman ini tumbuh terutama sebagai tanaman pekarangan atau tumbuh meliar di pinggir jalan atau tempat-tempat terbuka lainnya.


Sirsak merupakan perdu atau pohon kecil, tinggi 3-10 m, bercabang mulai dari pangkal. Daun tunggal, bentuk lonjong sampai bundar telur sungsang, 8-16 cm x 3-7 cm, uung lancip pendek, panjang tangkai 3-7 mm. Perbungaan pada ketiak daun atau pada ranting dan cabang, 1-2 kuntum, bertangkai pendek. Kuntum bunga kuning kehijauan, panjang tangkai 2,5 cm, daun kelopak 3 helai, berbetuk segitiga, tidak rontok, panjang sekitar 4 mm. Daun mahkota 6 helai dalam dua baris, tiga daun kelopak terluar berbentuk bundar telur melebar, 3-5 cm x 2-4 cm, daun daun kelopak bagian dalam mempunyai pangkal bertaji pendek, 2-4 cm x 1,5-3,5 cm. Benang sari banyak, tersusun dalam barisan, menempel pada torus terangkat, panjang 4-5 mm, tangkai sari berambut lebat. Bakal buah banyak, mula-mula berambut lebat, kemudian gundul. Buah semu, bentuk bulat melebar atau mendekati jorong, 10-20 cm x 15-35 cm, hijau tua, tertutup duri-duri lunak panjang 6 mm, daging buah putih mengandung banyak sari buah. Biji banyak, bentuk bulat telur sungsang ukuran 2 cm x 1 cm, warna coklat kehitaman mengkilap.

Buah sirsak lazim dimakan segar setelah masak atau dibuat jus atau diolah menjadi selai atau dodol. Buah beserta biji mudanya digunakan sebagai bahan sayuran di Filipina.

Sosok tumbuhan
Sumber:  Experimental Farming
Cabang dan daun
Sumber: Encyclopedia of Life
Kuncup bunga
Sumber: Wikipedia
Daun dan buah muda
Sumber: Wikipedia
Buah tua
Sumber: Cook Island Biodiversity
Daging buah dan biji
Sumber: The iBenefit.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...