Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Sabtu, 28 Juli 2012

Aren

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merrill, periksa status nama ilmiah dan sinonim) merupakan tumbuhan asli Indonesia dengan sebaran Asia Tenggara, Mulai dari Himalaya Timur sampai Papua dan Kepulauan Ryukyu (Jepang). Aren lazim tumbuh di kawasan hutan sekunder dan di sekitar permukiman. Dalam Bahasa Indonesia, tumbuhan palma ini juga disebut enau dan kawung, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sugar palm atau areng palm.


Aren merupakan palma dengan ukuran sedang, batang dapat mencapai tinggi 10-20 m dan berdiameter 30-65 cm. Batang tertutup oleh pangkal pelepah dan serabut hitam yang disebut ijuk. Mahkota terdiri atas 12-20 (kadang-kadang sampai 28) pelepah daun dengan panjang 6-10 m (kadang-kadang sampai 12 m), terdiri atas anak daun yang tersusun menyirip, panjang tangkai pelepah 1-1,5 m (bisa sampai 2,3 m), jumlah anak daun 80-130 (bisa sampai 155, ukuran anak daun 140-180 cm x 8-11 cm, licin pada permukaan atas, kasar pada permukaan bawah. Bunga uniseksual, berupa malai besar yang terdiri atas banyak bulir menggantung dengan panjang sampai 2 m,  terbentuk mulai dari pucuk kemudian ke arah bawah dari ketiak daun. Malai bunga jantan 3-7, terbentuk di bagian atas, malai bunga betina 7-15, tumbuh kemudian di bagian lebih bawah. Bunga terdiri atas 3 kelopak tebal dan tiga mahkota berlekuk, pangkal berbentuk tabung. Bunga jantan berjumlah sampai 11.500 per malai, berwarna hijau ketika belum mekar, kekuning-kuningan setelah mekar. Bunga betina  berjumlah sampau 15,000 per malai, dengan ovarium beruang tiga. Buah merupakan buah drupe berbentuk bulat atau agak bulat telur, panjang 5-8 cm, berdaging, berbiji 2-3, mula-mula berwarna hijau dan kemudian menjadi kuning dan hitam setelah masak dan jatuh.

Aren dimanfaatkan terutama untuk disadap niranya yang kemudian dapat dioleh menjadi gula atau menjadi tuak, dan tuak dapat disuling menjadi arak. Bagian dalam batang yang belum terlalu tua dapat diolah untuk memperoleh sagu. Ijuk digunakan sebagai bahan atap dan bahan memintal tali.Buah mudah diolah sebagai membuat kolang-kaling. Daun dapat diambil lidinya untuk dijadikan sapu lidi. Di Bali, daun aren yang sudah tua maupun yang masih muda merupakan bahan penting dalam upacara keagamaan.

Aren muda. Sumber: Dave's Garden
Aren dewasa berbuah. Sumber: Aren Indonesia
Daun aren, permukaan bawah. Sumber: Palm Talk

Ijuk aren. Sumber: Virtual Palm Encyclopedia

Bunga jantan sedang mekar. Sumber: The Palm Nut Page
Bungabetina. Sumber: Invesy in Seram
Rangkaian buah aren. Sumber: Visoflora.com
Buah aren dibelah dan kolang-kaling. Sumber: Aren Indonesia
Kerabat Aren Lainnya:
Arenga microcarpa Beccari sin A. gracilicaulis Bayley, Dydimosperma humile (non. Reinw ex Kunth) Schum. & Lauterb., D. microcarpum (Beccari) Warb ex. Schum & Lauterb (aren sagu). Merupakan palma asli Indonesia, tersebar dari Kepulauan Sangihe-Talaud, Maluku Utara, sampai Papua (dan Papua Nugini), palma merumpun, dimanfaatkan terutama untuk diambil sagunya.
Aren sagu. Sumber: Palms
Arenga obtusifolia Martius sin. Saguerus langkap Blume (, langkap, langko, bolangan), tersebar dari Thailand, kamboka, Malaysia, Sumatera, dan Jawa.
Aren langkap. Sumber: PACSOA
Arenga undulatifolia Beccari sin. Arenga ambang Beccari (aren gelora, apin, take), tersebar di kalimantan (termasuk Sarawak dan Sabah), Sulawesi, dan PFilipina.
Aren gelora. Sumber: Virtual Palm Encyclopedia

Aren gelora. Sumber: PACSOA


Tautan Luar:
Aren pada Virtual Palm Encyclopedia


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...