Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Rabu, 24 Oktober 2012

Lokuat

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Lokuat merupakan tanaman buah-buahan dari famili Rosaceae, berasal dari Cina bagian tengah (Provinsi  Chongqing and Hubei ). Tanaman ini diintroduksi mula-mula ke Jepang dan kemudian ke berbagai negara lainnya, termasuk ke Indonesia. Di Provinsi NTT, tanaman ini banyak ditemukan di dataran tinggi wilayah Kabupaten TTS. Nama ilmiah tanaman ini adalah Eriobotrya japonica (Thunb.) Lindl. (periksa nama ilmiah dan sinonimi, periksa klasifikasi). Nama umum tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah loquat, japanese medlar, japanese plum, dan Chinese plum, sedangkan di Cina disebut "pipa".


Pohon kecil sampai sedang, selalu hijau, tajuk membulat, batang pendek, cabang muda berambut tebal halus, tinggi 5-10 m, umumnya lebih kecil, hanya 3-4 m. Daun berselang-seling, tunggal, berbentuk elip-lanset,  12,5-30 cm x 7,5-10 cm, bertekstur kasar menyerupai kulit, pinggir bergerigi, permukaan atas berwarna hijau gelap dan mengkilat, permukaan bawah berambut pendek tebal kuning-coklat, daun muda juga mempunyai permukaan atas berambut tebal, tetapi rambut gugur setelah daun menjadi dewasa. Bunga putih, berdiameter 1,25-2 cm, daun mahlota 5, 30-100 bunga terangaki dalam malai, berbau wangi yang dapat tercium dari jauh. Buah menggerombol 4-30, berbwntuk oval, bulat, atau seperti buah pir, panjang 2,5-5 cm, dengan kulit halus atau dengan serbuk halus, kulit buah berwarna kuning sampai oranye, atau kadang-kadang bersemu kemerahan. Daging buah berwarna putih, kuning atau oranya, berasa manis sampai asam atau agak asam, campuran antara rasa buah pir, jeruk, dan mangga, mengandung 1-5 biji, umumnya 3-5 biji, biji coklat gelap sampai coklat cerah, berbentuk elip, 1,5 cm x 0,8 cm.


Buah dikonsumsi segar atau dibuat sebagai campuran salad buah atau diolah untuk membuat jam, jelly, chutney, atau sirup. Sirup buah lokuat digunakan sebagai obat batuk, sedangkan daunnya digunakan sebagai obat sakit perut.

Tanaman muda
Sumber: Incredible Edibles
Daun
Sumber: Loquat World
Bunga
Sumber: Garden Bits
Rangkaian buah
Sumber: Jintu
Ukuran buah
Sumber: Katie Swanberg
Buah dibelah dan biji
Sumber: Loquat History

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...