Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Rabu, 24 Oktober 2012

Nangka

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Nangka merupakan tanaman buah-buahan yang termasuk ke dalam famili Moraceae, tumbuhan asli Asia Selatan dan Asia Tenggara, diduga berasal dari hutan hujan dataran rendah di bagian Baratdaya India (sekarang negara bagian Kerala, coastal Karnataka and Maharashtra). Tanaman ini sekarang dibudidayakan India bagian tropik, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Filipina. Selain itu nangka juga telah diintroduksi dan dibudidayakan negara-negara Afrika Timur (Uganda, Tanzania and Mauritius) dan juga di seluruh Brazil negara-negara Karibia seperti Jamaica. Nama ilmiah tanaman ini adalah Artocarpus heterophyllus Lam. (periksa nama ilmiah dan sinonimi, periksa klasifikasi), sedangkan nama umumnya adalah nangka (Indonesia), jackfruit (Inggris).


Pohon berukuran sedang, tinggi sampai sekitar 20 m, dapat mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, berdiameter sampai sekitar 1 m. Tajuk padat dan lebat, melebar dan membulat apabila tumbuh di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai. Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 cm × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin. Berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan (babal) dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 cm × 3-8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak, membusuk, ditumbuhi kapang, dan menghitam di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua. Buah merupakan buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak.  Bauh nangka merupakan buah berukuran terbesar, dengan ukuran mencapai 90 cm dan diameter 50 cm serta berat 36 kg. 'Daging buah', yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis tajam, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2-4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak, berkeping biji tidak setangkup.

Nangka merupakan tanaman yang sangat beragam dalam hal perawakan pohon, bentuk dan ukuran buah,  rasa dan sifat-sifat buah, serta adaptasinya terhadap keadaan lingkungan. Dari segi sifat-sifat buahnya, dikeanl dua kelompok besar, yakni:
  • Nangka bubur (Indonesia dan Malaysia), yang disebut pula sebagai khanun lamoud (Thailand), vela (Srilangka) atau koozha chakka (India Selatan); dengan daging buah tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.
  • Nangka salak (Indonesia), nangka belulang (Malaysia), khanun nang (Thailand), varaka (Sri Lanka), atau koozha pusham (India Selatan); dengan daging buah tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.
Nangka dapat berkawin silang dengan cempedak secara alami, menghasilkan silangannya yang dinamai nangka cempedak (nangkadak).


'Daging buah' yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan. Buah nangka muda digunakan sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai nangka. Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) lazim dijadikan bahan rujak. Daun-daun nangka merupakan pakan ternak kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yang berserat, dapat digunakan sebagai bahan tali dan pada masa lalu juga dijadikan bahan pakaian. Getahnya digunakan dalam campuran untuk memerangkap burung, untuk memakal (menambal) perahu dan lain-lain. Kayunya berwarna kuning di bagian teras, berkualitas baik dan mudah dikerjakan, lazim dijadikan perkakas rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, konstruksi kapal sampai ke alat musik. Dari kayunya juga dihasilkan bahan pewarna kuning untuk mewarnai jubah para pendeta Buddha.

Sosok pohon nangka.
Sumber: Teh Daun Sirsak
Sosok pohon nangka tua.
Sumber: Wikipedia
Rangkaian bunga betina dan buah muda.
Sumber: Sulang Online
Buah nangka telanjang
Sumber: scripters.ning.com
Buah nangka dibelah.
Sumber: lensaindonesia.com
Buah nangka dipotong
Sumber: Pemerintah Kota Malang
Gulai buah nangka muda.
Sumber: Resep Masakan Indonesia
Dodol Buah Nangka Masak
Sumber: Radio RGS FM Amlapura

Kerabat Dekat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...