Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 10 Februari 2013

Lelak

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Lelak, nama umum yang digunakan dalam dialek bahasa lokal di Kupang dan sekitarnya, sebenarnya belum dapat dikategorikan sebagai tanaman, melainkan tumbuhan liar dengan nama ilmiah Uvaria rufa Blume (periksa nama ilmiah, sinonim, dan klasifikasi di GBIF Data Portal dan The Plant List). Namun, buah tumbuhan liar ini sering dijumpai dijual di pinggir jalan. Bila Anda menempuh perjalanan darat dari Kupang menuju Soe, NTT, pada sekitar bulan September-Oktober, Anda akan menjumpai buah ini dijual di pinggir jalan setelah melewati Camplong, di sekitar pertigaan menuju Desa Sillu.

Lelak merupakan perdu menahun merumpun, sering tumbuh bersandar pada tumbuhan lain sampai tinggi 4 m, permukaan cabang ditutupi semacam serbuk, berkulit kuat dan berserabut. Daun tunggal, helai daun berukuran 8-19 cm x 5-9 cm, panjang tangkai daun 0,3-0,6 cm, jumlah tulang daun lateral 13-16 pada setiap sisi tulang daun utama, melengkung ke arah ujung. Permukaan atas dan bawah daun, tangkai daun, dan ranting muda ditutupi rambut. Perbungaan berhadapan dengan daun, diameter bunga 19-30 mm. Kelopk ditutupi rambut, daun mahkota berjumlah tiga dalam dua susun, masing-masing berukuran 10 mm x 7 mm, berwarna oranye pink sampai merah kotor, ditutupi rambut halus rapat pada permukaan luar dan dalam. Benang sari banyak, ukuran kepala sari 2,5-3 mm x 1 mm, tangkai sari pendek dan kokoh, panjang sekitar 1 mm. Bakal buah banyak, terpisah, panjang masing-masing 3-4 mm, permukaan luar ditutupi rambut halus. Perbuahan merupakan buah berangkai, ukuran setiap buah 25-45 mm x 20-25 mm, panjang tangkai buah 15-20 mm. Biji pipih, berukuran panjang 1,5 mm.

Tumbuh dalam kawasan hutan muson kering. Buah dapat dimakan segar, tersedia pada akhir musim kemarau. Tumbuhan ini berpotensi dikembangkan sebagai tanaman hias yang tahan kering, selalu hijau dengan bunga dan buah yang menarik.

Sosok tumbuhan
Sumber:  papagyu.exblog.jp
Cabang dan daun
Sumber: papagyu.exblog.jp
Kuncup bunga
Sumber: dhammajak.net
Bunga mekar
Sumber: Photoimage.siu.edu
Rangkaian Buah Muda
Sumber: phkku.com
Rangkaian buah masak dijual di pinggir jalan
Sumber: spp2004.web
Kerabat Dekat
Uvaria grandiflora Roxb., buah berbentuk lebih memanjang

Tautan Luar
Uvaria rufa di Australian Tropical rainforest Plants

Bila Anda mengenal nama umum tumbuhan ini dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah Anda, saya akan sangat menghargai bila Anda berkenan untuk menyampaikanya melalui kotak komentar di bawah ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...