Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 12 Mei 2013

"Baru Tahu Kalau Padi, Jagung, dan Cantel adalah Rumput", Kata Seorang Peserta Lokakarya Pengenalan Tanaman Bahan Pangan Lokal

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Tanaman merupakan jenis-jenis tumbuhan tertentu yang dibudidayakan untuk berbagai tujuan. Pada pihak lain, tumbuhan merupakan kelompok mahluk hidup autotrof, khususnya tumbuhan berbunga, yang dicirikan oleh kemampuannya untuk memanfaatkan sumber energi abiotik. Tumbuhan digolongkan dengan berbagai cara, antara lain secara taksonomik. Di antara banyak golongan taksonomik tumbuhan, rumput, yang secara taksonomi berada dalam famili Poaceae, merupakan golongan tumbuhan yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman penting. Dalam hal ini, rumput bukan merupakan golongan tumbuhan yang dibedakan atas sifat liar atau budidaya, melainkan merupakan golongan taksonomi yang terdiri atas jenis-jenis liar maupun jenis-jenis budidaya. Hal ini sering masih salah dimengerti oleh banyak pihak, sehingga mereka terheran-heran bahwa padi, jagung, dan cantel sebenarnya adalah rumput.

Untuk mengenal rumput kini telah tersedia sejumlah situs yang sangat lengkap, di antaranya adalah GrassWorld. Untuk menjelajahi situs ini, Anda dapat memulai dengan memilih menu Check List of World Grasses untuk mengunduh daftar jenis-jenis rumput menurut sebaran geografiknya: Seluruh Dunia, Eropa, Afrika, Asia Iklim Sedang, Asia Iklim Tropik, Australasia, Kawasan Pasifik, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Antartika. Sebaran geografik setiap jenis rumput dapat di[eroleh dalam bentuk peta dengan memilih menu Global Distribution Maps dan kemudian Anda dapat memilih jenis rumput berdasarkan hurup pertama nama genusnya: A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Untuk memahami bagaimana berbagai jenis rumput digolongkan menurut taksonomi terbaru, Anda dapat mengklik menu Classification of Grasses dan kemudian melanjutkan dengan mengklik pilihan sub-famili untuk memperoleh uraian lebih rinci: Anomochlooideae, Pharoideae, Puelioideae, Bambusoideae, Ehrhartoideae, Pooideae, Aristidoideae, Chloridoideae, Danthonioideae, Arundinoideae, Micrairoideae, dan Panicoideae.

Anda dapat melanjutkan untuk memperoleh deskripsi genus (marga) dengan memilih menu Generic Description, tetapi bagian ini masih dalam pengembangan dan Anda hanya dapat mengunduh daftar marga rumput. Untuk memperoleh deskripsi jenis, silahkan pilih menu Descriptions of World Grasses dan kemudian pilih English bila Anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Anda dapat mengunduh genus dan jenis rumput yang diawali dengan huruf A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, Pan-Pat, Pen-Pue, R, S, T, UV, dan WXYZ. Situs ini menyediakan menu Published Grass Illustrations and Images, tetapi hanya berisi daftar ilustrasi dan gambar jenis-jenis rumput yang pernah dipublikasikan, bukan berisi file ilustrasi dan gambar, dengan mengklik A, B, C, D-H, I-P, dan R-Z untuk mengunduh daftar. Bila Anda menggunakan informasi dari situs ini untuk kepentingan publikasi, jangan lupa merujuk: Simon, B.K., Clayton, W.D., Harman, K.T., Vorontsova, M., Brake, I., Healy, D. & Alfonso, Y. 2011. GrassWorld, http://grassworld.myspecies.info/ (Accessed [date when you last viewed the site].).

Pada saat ini, situs ini belum menyediakan kunci identifikasi online, tetapi akan menyediakan kunci melalui situs menarik lainnya: IdentifyLife, suatu proyek besar yang dikoordinasikan oleh The University of Queensland dan melibatkan Atlas of Living Australia, Encyclopedia of Life, dan Gordon and Betty More Foundation. Setelah situs ini kelak selesai dibangun, diharapkan akan tersedia kunci identifikasi berbagai golongan rumput untuk diakses online secara bebas sehingga sangat bermanfaat bagi kalangan di negara-negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia yang katanya merupakan negara megabiodiversitas, tetapi tidak mempunyai institusi yang mampu menyediakan informasi secara terbuka sebagaimana institusi sejenis di negara-negara maju.

Bahasa sehari-hari memang tidak selamanya seiring dengan bahasa teknis, terutama bahasa Indonesia, Bahkan, berbagai jenis tanaman golongan rumput sampai kini belum tersedia nama bakunya dalam bahasa Indonesia. Berbagai jenis tanaman penting golongan rumput sampai kini masih menggunakan nama bahasa daerah, terutama bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Sebut saja nama-nama seperti tuton atau watuton (Jawa) dan jajagoan leutik (Sunda) untuk Echinochloa colona (L.) Link 'Group Frumentocea', jawan (Jawa) dan jajagoan (Sunda) untuk Echinochloa crus-galli (L.) P. Beauv. 'Group Esculenta', suket lulangan (Jawa) dan jampang carulang (Sunda) untuk Eleusine coracana (L.) Gaertner 'Group Finger Millet', sekoi sejati (Jawa) untuk Panicum miliaceum L. 'Group Prosso Millet'., dan juwawut (Jawa) dan jawawut (Sunda) untuk Setaria italica (L.) P. Beauv. 'Group Foxtail Millet'. Nama yang sudah ada, seperti misalnya cantel untuk Sorghum bicolor (L.) Moench justeru kurang dikenal dibandingkan dengan nama sorgum (sorghum) dari bahasa Inggris. Ironisnya, karena pemerintah lebih sibuk dengan urusan politik, tidak ada upaya untuk membakukan nama bahasa Indonesia untuk berbagai jenis tanaman dan tumbuhan, sebagaimana yang dilakukan di negara-negara maju.

Nama padi dalam bahasa Indonesia dipergunakan untuk menyebut Oryza sativa L. dan nama padi liar untuk spesies Oryza lainnya seperti Oryza australiensis Domin, Oryza grandiglumis (Döll) Prodoehl, Oryza latifolia Desv., Oryza longiglumis Jansen, Oryza meyeriana (Zoll. & Moritzi) Baill. (sin. Oryza granulata Nees & Arn. ex Hook. f.), Oryza minuta J.Presl, Oryza neocaledonica Morat, Oryza officinalis Wallich ex Watt, Oryza ridleyi Hook f., Oryza rufipogon Griffith (sin. Oryza meridionalis N.Q. Ng, Oryza nivara S.D. Sharma & Shastry, Oryza glumaepatula Steud.), dan Oryza schlechteri Pilg. Kata rice dalam bahasa Inggris berarti padi, tetapi juga mencakup Oryza barthii A.Chev., Oryza brachyantha A.Chev. & Roehr., Oryza eichingeri Peter, Oryza glaberrima Steud., Oryza longistaminata A.Chev.& Roehr., dan Oryza punctata Kotschy ex Steud., jenis-jenis padi liar dan budidaya di Afrika. Suatu kali, seorang pakar ekonomi pertanian Undana bersikeras bahwa padi lebih dahulu dibudidayakan di Afrika, tanpa menyadari bahwa yang dibudidayakan di sana bukan padi yang sama dengan yang dibudidayakan di Asia, yaitu Oryza sativa L. Istilah padi liar dalam bahasa Indonesia tidak sama maknanya sengan istilah wild rice dalam bahasa Inggris, sebab wild rice dalam bahasa Inggris juga mencakup jenis-jenis Zizania (Zizania aquatica L. Zizania latifolia (Griseb.) Turcz. ex Stapf, Zizania palustris L., dan Zizania texana Hitchc.), yang merupakan jenis-jenis padi liar Amerika, dan Potamophila parviflora R. Br., yang merupakan jenis padi liar Australia. Istilah weedy rice dalam bahasa Inggris digunakan untuk jenis-jenis Oryza yang sering tumbuh sebagai gulma.

Istilah rice dalam bahasa Inggris menjadi membingungkan karena mencakup padi sebagai tumbuhan dan hasilnya, yaitu gabah dan beras, dan bahkan cara membudidayakannya. Dalam bahasa Inggris dikenal istilah red rice (dalam bahasa Indonesia digunakan istilah beras merah), yang digunakan untu merujuk kepada jenis-jenis padi maupun kultivar Orysa sativa yang menghasilkan beras dengan warna merah, termasuk padi Rakthashali yang merupakan kultivar padi yang disucikan oleh umat Hindu di India, Bhutanese red rice yang merupakan bahan pangan pokok orang Bhutan, dan Camargue red rice yang merupakan kultivar padi baru yang dibudidayakan di lahan basah Camargue di Perancis bagian Selatan. Juga dikenal istilah brown rice, yang digunakan untuk merujuk beras tumbuk yang tidak disosoh dan diberi pemutih dengan mesin, yang kadang-kadang juga disebut red rice, seperti misalnya red cargo rice, yang sebenarnya adalah brown rice. Dalam hal cara membudidayakan, dikenal istilah upland rice yang mencakup semua jenis dan kultivar padi yang dibudidayakan tanpa penggenangan, swamp rice yang mencakup semua jenis padi dan kultivar padi yang dibudidayakan sebagai padi sawah, dan deep-water rice yang mencakup kultivar padi Oriza sativa yang dibudidayakan pada lahan rawa.

Situs serupa untuk rumput sebenarnya sangat banyak, tetapi WorldGrass menyediakan content untuk diunduh secara gratis. Situs sejenis lainnya adalah AusGrass2 untuk jenis-jenis rumput yang ada di Australia. Situs ini mempunyai kelebihan dalam hal menyediakan kunci dikotomi untuk melakukan identifikasi genus maupun identifikasi jenis (spesies) dan memberikan uraian mengenai struktur morfologis rumput. Kedua situs ini mempunyai antarmuka yang mirip karena sama-sama menggunakan layanan Scratchpads yang disediakan gratis oleh The Natural History Museum of London. Selain kedua situs ini, berbagai situs yang menyediakan informasi mengenai rumput antara lain adalah eMonocots, Gateway to African Plants - Poaceae, Global Compendium of Weeds, Grass Genera of the World, GrassBase & Synonimy Database, Grasses of Argentina (bahasa Spanyol), Grasses of Brazil (bahasa Portugis), Grasses of China (FoC), Grasses of Flora Zambesiaca, Grasses of Madagascar, Grasses of Mongolia, Grasses of NZ, Grasses of North America, Grasses of Pakistan, Grasses of Taiwan, Grasses of Zimbabwe, dan World ChecklistPoaceae (Kew). Kapan ya, ada situs sejenis untuk Indonesia (Rumput Indonesia)? Mudah-mudahan pemerintah kita cepat sadar bahwa membuat situs seperti ini penting, setidak-tidaknya untuk menunjukkan Indonesia mempunyai banyak jenis rumput, sebelum nanti diaku-aku oleh negara tetangga sebagai miliknya (Anda tahu negara mana, yang oleh pemimpin Indonesia selalu disebut sebagai negara yang bangsanya serumpun).

Indonesia mempunyai berbagai institusi yang berkaitan dengan tumbuhan yang teentunya juga mencakup rumput. Sebut saja Pusat Penelitian BIOLOGI - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang mempunyai layanan IBIS (Indonesian Biodiversity Information System) Online, tetapi mencakup baru 7614 jenis tumbuhan, itupun tanpa deskripsi, tanpa foto, tanpa peta sebaran geografik. Padahal, menurut situa tersebut, Puslit Biologi memiliki "2.000.000 contoh tumbuhan yang berasal dari kawasan Malesia yang terdiri dari herbarium kering, herbarium basah, buah kering, biji, paku-pakuan, lumut, dan spesimen bukti penelitian ekologi tumbuhan". Klik menu LIPIMC maka akantampil situs bertuliskan: Welcome to lipimc.org This Web page is parked FREE, courtesy of GoDaddy.com. Kementerian Lingkungan Hidup mempunyai program Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Nasional yang menyediakan layanan informasi Flora Identitas, SIM Hayati, Database Sumberdaya Genetik, tetapi isinya, selain beberapa foto, selebihnya kosong. Bagaimana dengan Kemerinterian Kehutanan dan Kementerian Pertanian? Kedua kementerian ini mempunyai situs yang mentereng, tetapi miskin informasi mengenai tumbuhan dan tanaman, tentu saja termasuk informasi mengenai tumbuhan dan tanaman golongan rumput. Ironis memang, negeri yang menjadi titik panas keanekaragaman hayati dunia justeru tidak mampu menyediakan informasi mengenai jenis-jenis keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Justeru, situs Kementerian Kehutanan memuat berita mengenai Kelahiran Cucu Pertama Menteri Kehutanan. Ke mana harus mencari informasi mengenai rumput Indonesia? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.

Rumput merupakan golongan taksonomik tumbuhan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman penting, terutama tanaman bahan pangan pokok golongan serealia. Selain itu, di dalamnya juga terdapat jenis-jenis tumbuhan dan tanaman penting seperti bambu. Setelah mengunjungi situs GrassWorld ini, mudah-mudahan Anda tidak bingung lagi bila mendengar bahwa padi, jagung, cantel, dan bambu sejatinya adalah rumput. Dan yang jelas, Anda menjadi mengerti bahwa tumbuhan yang dinamakan rumput bunga putih sebenarnya bukan rumput. Bahasa sehari-hari dan bahasa ilmiah rupanya tidak selalu seiring sehingga membingungkan. Dan mudah-musahan, seperti halnya saya, Anda juga berharap pemerintah lebih memperhatikan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, tidak hanya menomorsatukan urusan politik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...