Istilah kampung biasa digunakan oleh orang kota untuk memandang rendah terhadap orang yang tinggal di perdesaan. Dalam hal ini kampung bermakna "kampungan", tertinggal, bodoh, dan miskin. Tanaman kampung sengaja dipilih sebagai nama blog ini untuk merujuk kepada berbagai jenis tanaman yang terabaikan dalam arus utama pembangunan pertanian, meskipun dalam kenyataannya merupakan sokoguru ketahanan pangan dan identitas masyarakat setempat. Nama tanaman kampung juga sengaja dipilih untuk membesarkan hati seorang ibu bahwa dikatakan kampung bukan selalu berarti kampungan.

Periksa Nama Ilmiah dan Klasifikasi

Nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan selalu berubah sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Sebelum menuliskan nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan, silahkan terlebih dahulu periksa di:
GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga),
The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif). Silahkan ketik atau tempel nama ilmiah yang diperiksa pada kotak yang disediakan.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Minggu, 04 Maret 2012

Bengkuang

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Bengkuang (Pachyrrhizus erosus (L.) Urban. sin. P. bulbosus (L.) Kurz., P. angulatus Rich. ex D.C., Dolichus erosus L.) merupakan tumbuhan asli Mexico yang dikenal di sana dengan nama jicama. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut yam bean. Tanaman ini disebarkan ke kawasan Asia oleh orang Spanyol, mula-mula ke Filipina dan kemudian ke Indonesia.

Termasuk tanaman merupakan herba melilit, memanjat, dan membelit ke kiri. Tanaman ini tingginya dapat mencapai 5-6 m.
Batang tanaman ini biasanya berbulu. Memiliki daun trifoliate dengan letak daun yang bergantian dan anak daun yang berbentuk bulat telur. Berbeda dengan daun pada tanaman lain, daun dan biji tanaman bengkuang mempunyai kandungan zat racun yang sangat kuat. Bunga berwarna putih atau ungu. Buah merupakan tipe buah polong, berbentuk pipih dengan panjang polong 8-14 cm. Dalam polong ini terdapat biji yang berjumlah 4-12 buah berwarna cokelat dan berdiameter sekitar 1 cm. Seperti halnya daun, biji juga beracun. Bengkuang berakar tunggang yang berkembang menjadi umbi. Ukuran umbi bengkuang bervariasi bergantung pada kultivar, dapat mencapai diameter 5-30 cm. Kulit umbi berwarna cokelat muda, sedangkan dagingnya berwarna putih. Umbi bengkuang mengandung banyak air dan berasa manis.

Umbi bengkuang dapat dimakan segar, dijadikan bahan membuat rujak, atau dijadikan bahan untuk membuat kosmetik.

Daun dan bunga bengkuang
Umbi bengkuang

2 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya sehingga saya tahu pohon dan daun serta bunga dari umbi kesukaan saya. Bagaimana dengan bengkuang hutan? apa bedanya?

    BalasHapus
  2. Bengkuang bukan merupakan pohon, melainkan tumbuhan melilit. Di Pulau Timor bengkuang tumbuh liar di hutan sehingga disebut bengkuang hutan. Ini adalah kelebihan pulau Timor yang tidak diketahui banyak orang, bahwa di pulau yang tandus ini ternyata ada "tanaman" yang bisa tumbuh liar

    BalasHapus

Silahkan ketik komentar di sini ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...